NI KUANG (NI CONG)


Ni Kuang (倪匡) adalah nama pena seorang pengarang novel silat dan penulis skenario dari Tiongkok. Dalam huruf latin nama Ni Kuang sering pula ditulis sebagai Ngai Hong, I Kuang atau Yi Kuang. Lelaki ini dilahirkan di Ningbo (provinsi Zhejiang) pada tanggal 30 September 1935 dengan nama Ni Cong. Namun demikian Ni Cong kecil lebih banyak tumbuh dan dibesarkan di Shanghai.

Ketika baru berusia 15 tahun (tahun 1950), Ni Cong bekerja sebagai petugas keamanan publik di bawah Partai Komunis Cina dan bertugas sebagai penulis hukuman mati di Mongolia Dalam. Ia pernah bertanya kepada ketua partai lokal mengenai alasan seseorang dijatuhi hukuman mati. Pertanyaan ini kemudian berimbas ancaman eksekusi dari ketua partai lokal terhadap Ni Cong. Hal ini membuatnya memutuskan untuk melarikan diri ke Hongkong pada tahun 1957.

Pada tahun yang sama, ketika masih berusia 22 tahun, ia mulai menulis tentang wuxia (cerita silat). Pada tahun 1962 ia baru menulis novel fiksi ilmiah. Meski pun kelahiran daratan Tiongkok, penulis ini berbasis di Hongkong untuk semua hasil karyanya. Selain novel, Ni Kuang juga banyak menulis prosa, esai, naskah film dan bahkan kritik politik. Ia menghasilkan total 300 novel dan 400 naskah film dengan rekor pemulisan 4.500 karakter per jam. Ia juga pernah menduduki jabatan sebagai ketua Perkumpulan Penulis Hongkong.



DAFTAR KARYA NI KUANG (NI CONG)


CERITA LEPAS / NON-SERIAL
DDrama Permusuhan Luar Biasa (Tjeng Hong Kie Su)DOWNLOAD---
HHarpa Iblis Jari SaktiDOWNLOADONLINE




2 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih buat info-nya, Amalia-Lihiap
      Sekarang sudah diperbaiki, selamat menikmati.
      Salam.....

      Delete

DUNIA KANG-OUW © 2008 Template by:
SkinCorner